BAZNAS Kabupaten Sumedang

Amanah, Transparan, Profesional

Follow

Menu
Menu

Artikel

BAZNAS Sosialisasi

Bagikan

Baznas Gelar Raker Wujudkan Sinergitas & Optimalisasi Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumedang menggelar rapat kerja tahun 2023 dengan UPZ Dinas/Instansi/Lembaga pada hari selasa, (23/04/2023) yang betemakan “Wujudkan Sinergitas dan Tingkatkan Optimalisasi Zakat untuk Kesejahteran Masyarakat” sebanyak 105 peserta yang bertempat di Shappire City Park

Keberhasilan pembangunan nasional tentu tidak akan lepas dari peran serta daerah dalam mengolah dan mengembangkan potensi dan sumber daya yang dimilikinya. Dalam upaya mewujudkan masyarakat Sumedang yang sejahtera, agamis  dan  demokratis,  maka  arah  kebijakan  pembangunan  diprioritaskan pada upaya pencapaian kesejahteraan serta perwujudan sikap dan moral masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya luhur daerah. Untuk  mencapai  kondisi  dimaksud,  Pemerintah  Daerah  sangat memerlukan peran serta dan dukungan segenap pihak.

Dalam mewujudkan peran serta dan dukungan dimaksud, BAZNAS Kabupaten Sumedang sebagai lembaga resmi yang ditunjuk oleh pemerintah dalam mengelola  dan  memberdayakan  zakat,  senantiasa  berupaya  untuk menciptakan program dan kebijakan di bidang pengentasan kemiskinan. Sebagaimana dimaklumi, zakat memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam mewujudkan  kesejahteraan  masyarakat.  Dalam  hal  ini,  tercapainya optimalisasi zakat dimaksud sangat tergantung kepada kualitas kelembagaan dan tata kelola organisasi, khususnya menyangkut perencanaan program dan kebijakan yang harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat.

Pemahaman  terhadap  kondisi  dan  kebutuhan  masyarakat Kabupaten Sumedang   sangat   diperlukan   dalam   upaya   mewujudkan   program   dan kebijakan yang efektif dan tepat sasaran. Dalam hal ini, input partisipasi dari berbagai komponen di daerah sangat diperlukan untuk menginventarisasi situasi  dan  kondisi  masyarakat  yang  menjadi  bahan  acuan  perencanaan program dan kebijakan BAZNAS Kabupaten Sumedang.

Selaku lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan pengelolaan zakat pada tingkat kota/kabupaten, BAZNAS Kabupaten Sumedang memiliki tanggung  jawab  yang  berat  dalam  mewujudkan  perencanaan,  pelaksanaan serta evaluasi dan pelaporan di bidang penghimpunan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat yang sejalan dengan peraturan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini, BAZNAS Kabupaten Sumedang dituntut untuk mampu mengoptimalkan potensi zakat dan mengelolanya secara amanah dan profesional agar mampu memberikan dampak yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan umat sebagai bentuk nyata dari cita-cita kebangkitan zakat.

Kebangkitan  zakat  merupakan  momentum  untuk  menjadikan  zakat  sebagai pilar moderasi dalam mengatasi kesenjangan sosial, meningkatkan ekonomi kerakyatan, mengentaskan kemiskinan, dan mengembangkan sumber pendanaan  pembangunan  kesejahteraan  umat.  Momentum  penting  inilah yang saat ini perlu dicapai BAZNAS Kabupaten Sumedang untuk membawa era kebangkitan   zakat.   Untuk   mencapai   hal   tersebut,   BAZNAS   Kabupaten Sumedang dituntut untuk mewujudkan berbagai inovasi dan pengembangan di bidang pengelolaan zakat yang sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini.

Rapat  kerja  BAZNAS  Kabupaten  Sumedang  merupakan  salah  satu  program yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan koordinasi dari berbagai komponen  pengelola zakat se-Kabupaten  Sumedang,  sebagai  bentuk  upaya perwujudan tahap konsolidasi yang telah dicanangkan BAZNAS Pusat. Dalam hal ini, segenap SDM yang berkaitan dengan pengeloaan zakat, dituntut untuk bisa mewujudkan langkah dan strategis yang konsolidatif agar mampu meningkatkan peran serta dalam mengelola Zakat secara optimal, khususnya di tengah pandemi yang berlangsung saat ini.

Melalui pelaksanaan Rapat Kerja ini, semoga BAZNAS Kabupaten Sumedang dapat terus meningkatkan kualitas kinerja ke arah yang lebih baik, dan untuk mencapai hal dimaksud, BAZNAS Kabupaten Sumedang sangat memerlukan peran serta dan dukungan semua pihak, khususnya dari berbagai komponen daerah yang tentunya memiliki wawasan dan pengetahuan yang lebih baik tentang situasi dan kondisi masyarakat yang menjadi bahan acuan utama bagi penetapan program dan kebijakan yang mampu menggugah kesadaran masyarakat  terhadap  arti  penting  kebersamaan  dalam  membangun masyarakat madani yang sejahtera dan penuh kasih sayang.

Arsip Terkait

Login User

Silahkan login untuk mengakses Area User BAZNAS Kabupaten Sumedang