BAZNAS Kabupaten Sumedang

Amanah, Transparan, Profesional

Follow

Artikel

BAZNAS Warta

Bagikan

Baznas Sumedang Gelar Rakor Evaluasi Penghimpunan ZIS Ramadhan 1445H dan Persiapan Distribusi Kurban Idul Adha 1445H

Sumedang, 12 Juni 2024 – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan seluruh amil dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) untuk mengevaluasi penghimpunan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) selama Ramadhan 1445H serta membahas optimalisasi penghimpunan ZIS semester dua dan persiapan distribusi daging kurban Idul Adha 1445H. Rakor ini berlangsung di Aula Kantor Baznas Sumedang dengan dihadiri oleh berbagai pihak terkait.

Ketua Baznas Sumedang, H. Ayi Subhan Hafas, dalam sambutannya, menekankan pentingnya evaluasi sebagai langkah awal untuk perbaikan ke depan. Ia mengapresiasi usaha seluruh amil dan UPZ dalam mencapai target penghimpunan ZIS selama Ramadhan dan berharap adanya peningkatan kinerja untuk semester berikutnya.

“Rapat evaluasi ini adalah kesempatan bagi kita untuk meninjau kembali apa yang telah kita capai selama Ramadhan kemarin. Meskipun hasilnya cukup memuaskan, masih ada beberapa hal yang perlu kita tingkatkan. Kolaborasi yang kuat antara amil dan UPZ sangat diperlukan untuk optimalisasi penghimpunan ZIS di semester dua ini. Selain itu, kita juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk distribusi daging kurban Idul Adha, agar manfaatnya dapat dirasakan secara luas oleh masyarakat,” ujar H. Ayi Subhan Hafas.

Dalam Rakor ini, berbagai data dan pencapaian selama Ramadhan 1445H dipaparkan secara rinci. Diskusi mengenai strategi peningkatan penghimpunan ZIS di semester dua pun berjalan interaktif, dengan peserta Rakor memberikan berbagai masukan dan ide inovatif untuk mendukung program Baznas ke depan.

H. Ayi juga menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana ZIS. Menurutnya, kepercayaan masyarakat adalah kunci utama keberhasilan penghimpunan ZIS, sehingga seluruh proses dari pengumpulan hingga penyaluran harus dilakukan dengan penuh integritas.

Pada kesempatan tersebut, juga dibahas teknis pelaksanaan distribusi daging kurban untuk Idul Adha 1445H. Mulai dari penentuan titik-titik distribusi hingga mekanisme penyaluran yang diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Rakor ini diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama antara Baznas Sumedang dan UPZ untuk terus meningkatkan kualitas penghimpunan dan penyaluran dana ZIS, serta menyukseskan program-program yang telah direncanakan.

Dengan adanya Rakor ini, diharapkan sinergi antara Baznas, amil, dan UPZ semakin solid sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Sumedang, baik melalui penghimpunan ZIS yang optimal maupun distribusi daging kurban yang tepat sasaran.

Arsip Terkait

Login User

Silahkan login untuk mengakses Area User BAZNAS Kabupaten Sumedang